Koleksi AVSIKTLIG

Display koleksi yang terdiri dari bantal dengan motif warna-warni, handuk dengan garis-garis berwarna putih, hijau, biru dan hitam, sarung bantal sofa dengan motif geometris berwarna biru, kain meteran dengan motif pohon palem berwarna hijau, motif batu bata berwarna putih/biru dan motif kotak-kotak
Awal yang baru
Lupakan nostalgia. Ketika desain kolektif ikonik 10-gruppen bergabung dengan IKEA, yang terjadi adalah hasil karya dengan motif yang sama beraninya hari ini dan 45 tahun yang lalu.
Poster dengan garis-garis berwarna biru, hitam, hijau dan putih. Ditampilkan di atas karpet dengan motif dengan kombinasi warna yang sama.Tampilan dari dekat sarung bantal dan selimut dengan motif berbentuk organik berwarna hijau terang dan biru, terlihat dari atas.Sebuah meja terlihat dari atas yang ditata dengan piring putih dan mug yang memiliki motif titik-titik yang tak beraturan.
AVSIKTLIG – sebuah koleksi dengan 14 gaya motif yang mencampur-baurkan masa lalu dan masa sekarang.
Dibuat oleh 10-gruppen hasil kolaborasi dengan tiga desainer muda IKEA.
Membuktikan bahwa merayakan sejarah sekaligus bergaya super kontemporer itu tidak mustahil.
IKEA dan 10-GRUPPEN
Pada tahun 2015, anggota yang tersisa dari 10-gruppen memutuskan bahwa saat melakukan perubahan. Setelah melewati 45 tahun yang kreatif dan masih berjaya dalam karyanya hingga saat ini, desainer kolektif ikonik dari Swedia ini ingin mewariskannya dan beserta dengan karya desain mereka. IKEA mendapatkan kesempatan tersebut dan merasa sangat terhormat lalu dengan tangan terbuka meneruskan kreasinya.
Seorang wanita memegang sebuah poster dengan berbagai macam motif berwarna biru, hitam, hijau, dan putih.
Tersedia Mei 2017
Pelajari lebih banyak dibawah ini
Tiga desainer wanita dari IKEA melihat beragam motif tekstil.
Kolaborasi baru dari yang lama
Selama bertahun-tahun, IKEA dan 10-gruppen telah berkolaborasi dalam berbagai kegiatan. (Pertama kali untuk membuat sebuah koleksi di tahun 1979 - yang merupakan suatu pencapaian bagi 10-gruppen). Motif tekstil hasil kreasi mereka yang seru, terang dan berani adalah suatu karya yang revolusioner. Motif sama yang beberapa dekade yang lalu menantang yang dipandang sebagai selera bagus.
“10-gruppen adalah salah satu dari pengaruh terbesar saya. Saya sangat menyukai gaya desainnya yang ekspresif, berani dan geometris. Motif mereka masih terlihat sangat modern, bagaikan ledakan motif."
- Ida Pettersson, designer IKEA
Para desainer IKEA Ida Pettersson, Hanna Dalrot dan Iina Vuorivirta berkolaborasi dengan Tom Hedqvist, co-founder 10-gruppen
Foto hitam/putih seorang pria yang berdiri di depan tekstil dinding besar dengan pohon palem, kuda dan burung.
Kekuatan sebuah motif
Awal mulanya, pada awal tahun 1970-an, 10-gruppen adalah salah satu kelompok pembangkang idealisme seni dan estetika. Anggotanya terbentuk atas kepercayaan akan dampak motif tekstil yang berani.
“Ambisi awal kami adalah untuk membersihkan rawa desain. Kami ingin membuat hidup lebih baik tanpa peperangan dengan menggunakan warna, motif dan musik.”
— Carl Johan De Geer, co-founder 10-gruppen
Carl Johan De Geer, 1979
“Sewaktu saya masih kecil, saya diajarkan untuk tidak mencampur titik-titik dengan garis-garis, kotak-kotak dan warna-warna terang. Jaman dulu, hal itu dipandang selera yang buruk. Bagi saya itu menjadi isu politik.”
Rasakan hidupnya
motif AVSIKTLIG
No Youtube Player
Sebuah poster lama dari tahun 1979, dengan kursi berlengan berwarna terang dan motif-motif berbeda yang digambar dengan pensil warna.Sebuah foto hitam putih dengan seorang wanita yang sedang duduk didepan tekstil dinding bermotif bunga-bunga di dalam kotak-kotak. Tampilan dari dekat seorang wanita sedang membuat motif geometris diatas kain berwarna hitam.
Sebuah peraturan
yang baru
Anggota 10-gruppen yang asli terdiri dari desainer dan seniman dari Stockholm dengan ekspresi dan kepribadian seninya masing-masing. Koleksi pertamanya dipromosikan melalui poster yang terlihat seperti sebuah manifesto politik dan menjelaskan bahwa anggota 10-gruppen sungguh kecewa dengan keadaan industri tekstil dimana pekerjanya mulai mencari pekerjaan disekitaran Swedia dan di luar negeri.
“Menyelesaikan sendiri semua tantangan merupakan bukti yang diberikan selama ini. Kami tidak ingin mendengar ada perusahaan dan produsen yang tidak percaya dengan kita. Kami harus bekerja dan membuktikan kepada diri sendiri bahwa kami bisa.”
- Tom Hedqvist
10-gruppen selalu mempromosikan koleksinya melalui poster sejak 1979.
Inez Svensson, 1967. Bisa ditemukan di buku.
Geometry oleh Ingela Håkansson Lamm.
Tanpa rasa takut
Awalnya, bisnis meredam, tetapi para anggotanya yang memiliki pekerjaan tetap, masih menyimpan semangat yang sama. Yang terdepan adalah Inez Svensson, yang sudah memiliki banyak koneksi dari pekerjaan lamanya sebagai desainer dan head of purchasing di Borås Wäfveri. Ialah satu-satunya yang sudah memiliki nama di industri tersebut.
“Inez memiliki karisma seorang pemimpin yang tak satu pun dari kami miliki pada zaman itu. Ia tahu betul bagaimana caranya berbicara dengan para pelaku industri yang kebanyakan adalah pria, dan Inez memiliki selera humor yang tak terkira.”
- Britt-Marie Christoffersson
Awet muda
Berapa tahun pun mereka telah berada di bidang usaha maupun umur mereka, anggota 10-gruppen selalu tetap relevan, berani dan kontemporer. Ambisi mereka pun tak lekang oleh waktu. Dalam 15 tahun terakhir, pada tahun 2000-2015, kelompok ini yang berawal dari sebuah kumpulan seniman yang hanya memiliki toko menjadi design agency dengan proyek bersama perusahaan fashion dan furniture mancanegara.
“Kami selalu merasa memiliki pengamat muda di sekeliling kami. Karya seni kami selalu dipandang penting dan bersifat muda. Suatu waktu, sebuah sekolah film datang ke toko kami untuk membuat film dokumenter mengenai desainer-desainer muda - saat itu kami berusia sekitar 60-70 tahun!”
- Ingela Håkansson Lamm
Tampilan dari dekat seorang wanita sedang memegang kain beraneka ragam warna dan motif.
Kemitraan dinamis
Hasil karya 10-gruppen secara garis besar selalu atas dasar sukarela. Tapi tahun ke tahun, anggota awal 10-gruppen perlahan berkurang, meniti petualangan hidup mereka masing-masing. Untungnya, desain kolektif ini selalu terbentuk dari orang-orang dengan rasa kekeluargaan yang tinggi - sama halnya dengan koleksi AVSIKTLIG.
“Ketika jumlah anggota mulai berkurang pada tahun 1990-an, saya rasa cukup masuk akal untuk mengundang seniman dari luar, dan itu menjadi tradisi yang ingin saya bawa ke setiap koleksi baru.”
- Tom Hedqvist
Poster dengan garis-garis berwarna biru, hitam, hijau dan putih. Ditampilkan di atas karpet dengan motif dengan kombinasi warna yang sama.
No Youtube Player
AVSIKTLIG di rumah
Lalu kami kembali lagi ke asal, dimana kami membuat koleksi AVSIKTLIG, hasil baru dari kolaborasi yang lama antar 10-gruppen dan IKEA. Dibawah pengawasan Tom Hedqvist dan kolaborasi dengan anggota lama dan baru 10-gruppen, seniman eksternal Kristina Abelli Elander, desainer Angers Wenngren, tiga desainer IKEA Hanna Dalrot, Ida Pattersson dan Iina Vuorivirta, kombinasi seru ini yang mencampurbaurkan masa lalu dan masa sekarang memberikan hasil yang sangat kontemporer.
“Saya sangat menyukai dinamika koleksi ini. Semua motif terlihat begitu menonjol dan Anda bisa langsung menerka setiap macamnya pasti dibuat oleh desainer yang berbeda dengan selera mereka masing-masing. Biarpun begitu, koleksi masih terlihat bagus secara keseluruhan.”
- Hanna Dalrot, designer IKEA
Baca cerita lengkapnya di buku 10-gruppen. Motif dan orang-orang. Tersedia di toko mulai Mei 2017.
“10-gruppen merupakan representasi desain terbaik sejarah Swedia- idealisme yang demokratis, inovasi astetik dan kemampuan memilih material dan bahan yang paling baik. Gaya desain mereka tak berubah sedikit pun, tetap awet muda, radikal, sama beraninya hari ini dan zaman dulu pada tahun 1970-an.”
- Marcus Engman, Design Manager, IKEA of Sweden
Koleksi AVSIKTLIG. Tersedia Mei 2017